Minggu, 24 Juli 2011

Terapi Batu Empedu Dengan Buah Atau Jus Apel

Bila anda mempunyai batu empedu yang ditandai dengan rasa tidak enak setelah makan atau rasa sakit di perut bagian kanan bawah, ada terapi yang mudah dan murah untuk mengatasinya. Terapi ini ditemukan oleh seorang dokter di Taiwan. Tips terapi batu empedu ini adalah sebagai berikut :
  • Setiap hari makanlah 4-5 buah apel (tergantung ukurannya, jenisnya bebas) atau minumlah jus apel (bisa dibuat sendiri atau beli jadi) sebanyak satu liter. Anda boleh membagi kegiatan makan atau minum ini sesuai selera anda, yang penting  dalam sehari anda makan 4-5 buah apel atau minum satu liter jus apel. Lakukan kegiatan ini selama enam  hari berturut-turut. Tujuannya adalah agar batu empedu menjadi lunak. Selama enam hari ini anda bebas makan dan minum seperti biasa.
  • Pada hari keenam, usahakan agar makan malam terakhir pada pukul 17.00. Dua jam kemudian minumlah satu sendok teh penuh garam Inggris yang diaduk dengan segelas (250 cc) air minum hangat. Ulangi hal ini dua jam kemudian. Fungsi garam Inggris adalah untuk membuka saluran kandung empedu. Setelah itu, tunggulah dua jam lagi, baru anda minum setengah gelas (125 cc) minyak zaitun yang diaduk dengan setengah gelas (125 cc) air jeruk lemon murni (dihasilkan dari sekitar lima buah jeruk lemon yang besar dan kuning). Fungsi minyak zaitun adalah untuk melumasi batu empedu agar mudah melewati saluran empedu, sedangkan air jeruk lemon berguna untuk menghilangkan rasa mual. Setelah pukul 17.00 sampai besok pagi pukul 06.00 anda tidak boleh makan atau minum apapun selain dari yang diuraikan di atas.
Bila anda buang air besar pada keesokan harinya, maka batu empedu berwarna hijau cendol yang sudah lunak dalam berbagai bentuk dan ukuran akan keluar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar